Inilah Nominal UMK Tasikmalaya 2017 yang Naik Sekitar 8,5 %

Info besarnya UMK Tasikmalaya 2017 menjadi perbincangan yang hangat, Demo buruh yang semakin besar-besaran yang menuntut kenaikan gaji menjadi suatu pertimbangan bagi perusahaan untuk memberikan gaji yang layak. Dengan adanya demo ini tak hanya menjadikan tersendatnya pekerjaan tetapi membuat banyak pihak menjadi kalang kabut di buatnya. Sehingga satu-satunya cara adalah dengan mengetahui secara jelas berapa besaran nilai upah karyawan yang pantas di suatu kota atau kabupaten dengan melihat UMK pada suatu kota, seperti di Tasikmalaya. 
Menurut kepala bidang ketenaga kerjaan wilayah Jawa Barat mengatakan bahwa upah minimu pada suatu kota/ kabuoaten di dasarkan dari angka inflasi serta pertumbuhan ekonomi sosial. Dan pada tahun ini angka inflasi suah mencapai angka 3,15 % sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi sudah mencapai angka 5, 18% sehingga bisa di peroleh besaran angka untuk kenaikan UMK Tasikmalaya 2017 nanti mencapai 8,5 %.
Pada tahun 2016, angka untuk UMK di Tasikmalaya yaitu mencapai sebesar Rp. 1.324.000, apabila di asumsikan bahwa kenaikan untuk UMK Tasikmalaya 2017 nanti bisa mencapai angka 8,5% maka standar upah pada tahun 2017 bisa mencapai angka Rp. 1.433.000, sedangkan untuk KHL bisa mencapai angka Rp. 1.581.000, oleh karenanya sangat kurang jika harus mendapatkan gaji yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan layak. Dan untuk memenuhi semua itu dinas ketenagakerjaan daerah meminta untuk UMK berada di atas nilai KHL dan di harapkan untuk terealisasi paling lambat tahun 2019 yang akan datang.

Marjo menambahkan bahwa banyak perusahaan yang tidak memberikan upah yang layak pada pekerjanya bahkan tidak sampai 50 % nya. Di ungkapkannya bahwa hanya 2 perusahaan saja yang mampu memberikan gaji yang sesuai standarisasi pada pekerjanya, selain itu hanya perusahaan kecil saja. 
Dengan upah yang tidak layak serta kebutuhan hidup layak yang tidak sesuai mendesak pemerintah untuk terus mengupayakan yang terbaik dan berusaha untuk besaran UMK diatas nilai KHL. Dengan begitu maka pekerja bisa hidup sejahtera dan tak memiliki beban berat untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Dan pemerintah Tasikmalaya serta tim yang bertugas sepakat untuk menaikkan UMK Tasikmalaya 2017 yang berdasarkan rapat bersama dewan pengupahan diputuskan usulan kenaikan UMK sebesar Rp 1.767.500.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Nominal UMK Tasikmalaya 2017 yang Naik Sekitar 8,5 %

0 comments:

Post a Comment