Kenaikan UMK Jakarta 2017

Setiap tahun harga kebutuhan hidup sehari-hari selalu naik dan meningkat dibanding harga tahun sebelumnya. Hal ini umum terjadi di negara belahan dunia manapun, tak terkecuali di negara kita, Indonesia tercinta. Namun sering kali kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut tak sebanding dengan kemampuan untuk mencukupinya, dalam artian upah pekerjaan mereka naiknya tak sebesar dari harga kebutuhan yang meroket. 
Masyarakat yang memiliki pekerjaan buruh, karyawan, atau pun pekerjaan apapun dengan gaji sedikit selalu merasa hidup terasa amat sulit. Apalagi jika gaji yang diberikan perusahaan di bawah standar gaji normal. Lalu berapa sebenarnya UMK Jakarta 2017? Mari kita temukan jawabannya dari ulasan di bawah ini.

UMK kepanjangan dari Upah Minimum Kota/ Kabupaten. Namanya minimum berarti ini tarif upah terkecil dari sebuah kabupaten/ kota tertentu. Tiap kota pastinya memiliki tarif berbeda dari UMK, menyesuaikan dari tingkat kemampuan sebuah daerah. UMK kota Yogyakarta pastinya berbeda dengan UMK kota Klaten, Solo, Sragen, Bali maupun kota-kota lain di Indonesia. 
Lalu berapa UMK Jakarta 2017 ini? Untuk sekarang UMK Jakarta untuk tahun 2017 memang belum disepakati, namun dari acuan UMK tahun 2016 pastinya nominalnya lebih tinggi. UMK Jakarta tahun 2016 yaitu 2,7 juta rupiah. Besaran nilai 2,7 juta rupiah itu merupakan pembulatan dari usulan dewan pengupahan DKI Jakarta yang meminta Rp. 2.693.764. 
Biarpun Jakarta disebut-sebut merupakan ibu kota negara, namun jika dilihat dari angka UMK ya masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan harga kebutuhan sehari-hari yang tinggi ditambah dengan besarnya biaya gaya hidup serta mahalnya harga sebuah properti seperti rumah tinggal. Para pekerja menuntut UMK Jakarta 2017 di atas 3 juta rupiah. Tentu saja kenaikan UMK ini harus dikaji lebih lanjut agar tidak membebani banyak pihak seperti pihak perusahaan.  
Baca juga : Inilah UMK Tasikmalaya 2017 yang sudah disahkan
Jika benar nanti UMK Jakarta mengalami kenaikan, pastikan gaya hidup dan kebutuhan anda yang tidak mendasar tidak ikut-ikutan meningkat, hal ini untuk menjaga agar kehidupan keuangan anda tetap terjaga. Mari kita tunggu ketetapan UMK Jakarta dengan tenang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenaikan UMK Jakarta 2017

0 comments:

Post a Comment